Cara Aktivasi Internet Banking BNI Online

Spread the love

Ada beberapa macam kelebihan jika Anda memilih untuk menggunakan layanan fitur Internet Banking. Internet Banking dapat diakses lewat berbagai macam perangkat gadget kapan saja dan di mana saja. Asalkan gadget yang Anda gunakan mempunyai koneksi internet dan dengan panduan dis situs bankir, maka Internet Banking bisa kalian gunakan. Internet Banking ini bisa kalian akses dengan cara mengunjungi web https://ibank.bni.co.id Kelebihan lain yaitu jumlah dana untuk bisa ditransfer via Internet Banking dapat mencapai 1 miliar tiap harinya. Nasabah bisa multi transfer juga, transfer ulang, serta membuat jadwal untuk transfer dengan sangat mudah.

Tahap Pendaftaran Internet Banking BNI

Berbagai fitur Internet Banking tergolong sangat lengkap, bukan hanya transaksi seputar finansial saja. Pemblokiran kartu BNI saat kartunya hilang juga bisa dilakukan melalui Internet Banking. Termasuk juga bisa membuka rekening, melakukan pencairan dana deposito, lalu melakukan pantauan cash flow serta masih banyak kegiatan lainnya lagi. Keamanan transaksi memakai Internet Banking sangat terjamin. Hal ini karena dari setiap transaksi memakai otorisasi yaitu dengan BNI e-secure atau BNI m-secure. Alat otorisasi tiap nasabah login menuju akun e-banking.

Supaya dapat menggunakan Internet Banking, nasabah perlu mendaftar akun rekeningnya lebih dahulu. Anda dapat mendaftarkan akun di ATM, bisa juga dengan datang ke KC terdekat. Tetapi untuk aktivasi Internet Banking, akan lebih mudah dan tak harus ke bank. Berikut ini cara untuk mendaftarkan Internet Banking lewat ATM.

  1. Anda bisa masukan kartu Anda lalu memilih registrasi e-channel.
  2. Pilihlah opsi Internet Banking.
  3. Lalu masukkan PIN 6 digit, pastikan PIN mudah diingat tetapi sukar juga ditebak orang lain. Jangan pakai hal-hal yang pribadi dimana setiap orang dapat menebak PIN dengan mudah misalnya seperti nomer hp atau tanggal lahir.
  4. Anda nantinya mendapatkan struk untuk bukti registrasi Anda. Simpanlah baik-baik karena disana ada kode aplikasi Internet Banking yang dipakai dalam pengaktivasian akun.

Tahap Aktivasi Internet Banking BNI

Kalian bisa melanjutkan registrasi Internet Banking ini dengan cara mengaktivasi akun Internet Banking tersebut.

  1. Pertama-tama bisa dengan membuka web https://ibanking.bni.co.id dan memilih menu aktivasi.
  2. Input angka/ huruf kode yang sebelumnya didapat pada struk registrasi berikut dengan PIN yang dibuat di ATM tersebut.
  3. Bank nantinya mencoba memverifikasi nomer HP yang ada di Bank untuk sebagai nomer Anda untuk Internet Banking. Bank mengirimkan OTP menuju nomer hp tersebut. Anda juga perlu mencantumkan OTP pada kolom tertentu yang tersedia.
  4. Lalu setelah itu, akan diminta membuat kata sandi login i-banking. Sementara password ini terdiri atas 8-12 karakter dan merupakan campuran huruf angka. Gunakan password dengan tips sebelumnya yaitu mudah diingat tapi tidak mudah juga diterka orang di sekitar Anda.
  5. Nantinya sistem menampilkan info user ID serta data rekening pihak nasabah. Perhatikan apakah terdapat kesalahan data atau tidak. User ID dapat diubah sesuai dengan kehendak nasabah. Karena info user ID digunakan pada saat login, sebaiknya Anda pilih user ID simple supaya mudah diingat.
  6. Pada layar, muncul tawaran mengaktifkan i-banking lewat mobile browser. Lalu hilangkan saja tanda centang kalau Anda tak ingin mengaktifkan fitur layanan ini.
  7. Setelah semuanya sudah dilakukan, maka Anda sudah dapat memakai layanan Internet Banking dari BNI namun hanya bertransaksi non-finansial. Misalnya cek saldo, informasi tagihan dan sebagainya.
  8. Untuk bisa mengaktifkan transaksi id finansial, Anda perlu datang ke KC terdekat dengan kartu identitas KTP, SIM/ paspor, buku tabungan serta kartu BNI. Nantinya .staf bank membantu registrasi dan proses aktivasi akun.
  9. Nantinya Anda diberikan token yang bisa menghasilkan nomer acak/ dynamic PIN dan diperlukan pada saat bertransaksi finansial lewat internet banking. Termasuk juga PIN BNI e-secure.

Mengenal Apa Itu BNI e-Secure Dan m-Secure

Setelah tahap di atas sudah dilakukan, sekarang Anda bisa bertransaksi finansial lewat layanan i-banking. Sementara Internet Banking dapat dibuka melalui bermacam-macam browser. Tiap melakukan transaksi finansial, setiap nasabah diminta mengisi PIN tambahan di dalam token e-secure/ m-secure.

  1. BNI e-Secure
  • Secure merupakan token yang dapat kalian miliki lewat KC BNI. Token tersebut memunculkan angka yang acak. Tanpa token, maka Anda tidak dapat melakukan transaksi finansial dengan Internet Banking. BNI e-secure akan terblokir kalau Anda salah menginput password Internet Banking berturut-turut sampai 3 kali.
  1. BNI m-Secure

M-Secure merupakan aplikasi ponsel dengan fungsi seperti token untuk memunculkan dynamic PIN. Sementara BNI m-secure akan bisa didapatkan yaitu dengan masuk pada menu profil melalui i-banking. Pilih “unduh BNI m-secure”. Pilih aplikasi sesuai jenis ponsel. BNI m-secure juga akan terblokir kalau Anda berturut-turut salah input password i-banking 3 kali. Demikian saja dan semoga info kali ini bermanfaat.